Level PISA

Level 1
 Para siswa dapat menjawab pertanyaan  yang konteksnya umum dan dikenal serta semua informasi yang relevan tersedia dengan pertanyaan yang jelas. Mereka bisa mengidentifikasi  informasi  dan  menyelesaikan  prosedur  rutin  menurut  instruksi yang  eksplisit.  Mereka  dapat  melakukan  tindakan  sesuai  dengan  stimuli  yang diberikan.
 
Level 2
 Para siswa  dapat  menginterpretasikan  dan  mengenali  situasi dalam  konteks  yang memerlukan  inferensi  langsung.  Mereka  dapat  memilah  informasi  yang  relevan dari sumber tunggal dan menggunakan cara representasi tunggal. Para  siswa  pada  tingkatan  ini  dapat  mengerjakan  algoritma  dasar,  menggunakan rumus,  melaksanakan  prosedur  atau  konvensi  sederhana.  Mereka  mampu memberikan alasan secara langsung dan melakukan penafsiran harafiah.

Level 3


Para  siswa  dapat  melaksanakan  prosedur  dengan  baik,  termasuk  prosedur  yang memerlukan keputusan secara berurutan. Mereka dapat memilih dan menerapkan strategi memecahkan masalah yang sederhana. Para  siswa  pada  tingkatan  ini  dapat  menginterpretasikan  dan  menggunakan
representasi  berdasarkan  sumber  informasi  yang  berbeda  dan  mengemukakan alasannya.  Mereka  dapat  mengkomunikasikan  hasil  interpretasi  dan  alasan mereka.

Level 4
Para siswa dapat bekerja  secara efektif dengan model dalam situasi yang konkret tetapi  kompleks.  Mereka  dapat  memilih  dan  mengintegrasikan  representasi  yang berbeda, dan menghubungkannya dengan situasi nyata. Para  siswa  pada  tingkatan  ini  dapat  menggunakan  keterampilannya  dengan  baik dan  mengemukakan alasan  dan pandangan  yang  fleksibel sesuai dengan konteks. Mereka  dapat  memberikan  penjelasan  dan  mengkomunikasikannya  disertai  argumentasi berdasar pada interpretasi dan tindakan mereka.




Level 5

Para siswa dapat bekerja dengan model untuk situasi yang kompleks, mengetahui kendala  yang  dihadapi,  dan  melakukan  dugaan-dugaan.  Mereka  dapat  memilih, membandingkan,  dan  mengevaluasi  strategi  untuk  memecahkan  masalah  yang rumit yang berhubungan dengan model ini. Para siswa pada tingkatan ini  dapat bekerja  dengan  menggunakan pemikiran  dan penalaran  yang  luas,  serta  secara  tepat  menguhubungkan  pengetahuan  dan keterampilan  matematikanya  dengan  situasi  yang  dihadapi.  Mereka  dapat melakukan refleksi dari apa yang mereka kerjakan dan mengkomunikasikannya.

Level 6

Para  siswa  dapat  melakukan  konseptualisasi  dan  generalisasi  dengan menggunakan  informasi  berdasarkan modelling  dan  penelaahan  dalam  suatu situasi  yang kompleks. Mereka dapat  menghubungkan sumber informasi berbeda dengan fleksibel dan menerjemahkannya.  Para  siswa  pada  tingkatan  ini  telah  mampu  berpikir  dan  bernalar  secara matematika. Mereka dapat menerapkan pemahamannya secara mendalam disertai dengan  penguasaan  teknis  operasi  matematika,  mengembangkan  strategi  dan pendekatan  baru  untuk  menghadapi  situasi  baru.  Mereka  dapat  merumuskan  dan mengkomunikasikan  apa  yang  mereka  temukan.  Mereka  melakukan  penafsiran dan berargumentasi secara dewasa.

0 comments:

Post a Comment